Search This Blog

Tuesday, March 27, 2018

Bolu Tape Keju



Well...well...
Termyata cita-citaku buat rajin posting asli cuma cita-cita doank. Sedihnya ngeliat postingan tahun lalu cuma 2 posts dalam satu tahun! bener-bener gak produktif!...hiks... hahahaha.... anyway, mudah-mudahan tahun ini akan lebih banyak posting. Because I love my blog. Mau ada yang baca apa gak, tetap inginku rawat baik-baik...(kembang kaleee). Yang bikin semangat, siapa tau nanti my little princess, Ava ataupun my prince charming Eijaz pengen baca cerita Mamanya atau mau ikutan baking juga, then here it is.... mudah-mudahan mereka juga suka. Love...love...love....

Sedikit newsflash buah hatiku, Kakak Ava dan Adik Eijaz. Ava seperti biasa masih tetap centil dan suka cerita. Adaaaaaaa aja ceritanya. Baik cerita sekolahan, teman-teman,  bahkan dia sudah jago mendongeng sendiri. Kalau Ava sedang cerita, semua wajib mendengarkan, karena pernah kejadian Ava asik cerita tentang binatang di hutan, trus Mama diajak ngobrol sama yang lain, giliran balik lagi ke Ava, dia sudah bete karena udah lupa tadi gajahnya ngapain....hahahaha... selain itu, hobi banget dandan. Udah banyak alat makeup Mama jadi korban. Lipstik patah, eyeshadow jebol...karya Ava. Pernah Ayahnya kirim foto Ava karena saking kagetnya lihat muka Ava sampe mengkilap!!! Kalo Eijaz, sudah pinter berdiri, gak betah disuruh duduk lama dikit. Diatas carseatpun Eijaz suka berdiri seenaknya bikin cemas. Yang paling asik, kalo dengar lagu "Havana", Eijaz akan langsung menghentikan apapun kegiatannya dan mulai bergoyang....asiiiikkk.... walaaahhhh...malah kebawa suasana jadi cerita anak-anak....mak-mak banget deh daku sekarang...hahahahaha...

Nah, ini tentang bolu tape. Biasa banget yaaa? Bolu yang lumayan memorable buatku. Masih ingat aku cerita tentang om Icotku yang pinter bikin kue? bisa dilihat dipostingan Misoa goreng dulu. Singkat cerita, bolu tape keju selalu jadi obsesi terpendam. Rata-rata bolu tape banyak yang terlalu padat. Bahkan aku pernah coba, malah jadi prol tape yang memang teksturnya padat. Sedangkan standar bolu tape keju yang enak buatku, ya yang dibikin om Icot itu. Bolunya ringan, terasa tape dan kejunya. Demi mencari resep yang tepat, aku sampe beli beberapa buku resep yang ada resep bolu tapenya. Tapi ya ituuu...beli doank. Sampe obsesi bolu tape beralih ke yang lain dan lupa total sama bolu tape. Biasaaa.....gue gitu lho.


Sampeee....beberapa hari lalu, aku bongkar-bongkar koleksi buku resep. Merapikan sambil nyari-nyari resep yang bisa bikin semangat bakingku terpanaskan kembali. Akhirnya ketemu buku mungil yang isinya resep aneka bolu tape. Setelah aku buka, ada resep yang bikin aku termenung. gambaran bolu tape masa kecilku muncul kembali! kulihat bolu tape bertabur keju. Walaupun diresep dibuat bentuk cupcake, tapi keju yang bertaburan diatasnya bikin aku mupeng berat. Apalagi pas aku baca resepnya, tape dilumatkan sama susu kental manis dulu. Aku ingat banget om Icot ngasih aku tugas yang palling gampang saat itu, lumatin tape pake garpu dan mencampurnya dengan susu kental manis!!! yeaaaahhhhh!!!! maybe this is itttt!!!! *kipaskipas*....

Singkat cerita, resepnya langsung aku eksekusi. Apalagi ada tape yang aku beli buat Si Mas dan ternyata doi gak nyadar kalo ada tape berhari-hari dikulkas. Memang sudah meant to be bolu tape kayaknya...hihihihihi... Baik bahan maupun cara pembuatannya simple banget. Diresep memang tape sama SKMnya dimikser sampe halus, tapi karena aku pengen mengulang memory sama Ibuku dan om Icot, ya aku pake garpu aja. Selain biar lebih authentic, juga lebih praktis...hehehehe... Sayangnya aku kurang tau dan super malas juga ngukur loyang, jadi aku pake loyang yang ada aja kalo gak salah ukuran 22 cm. Jadinya bolu tapeku rada tinggi. Padahal kalo punya om Icot dulu tingginya cuma sekitar 4 cm, dan dipotong persegi panjang, baru diletakkan diatas papercup. Next time kalo bikin lagi, aku pake loyang yang lebih besar, kalo gak 24 cm mungkin 26 cm kali yaaa....

Sooooo...gimana rasanya??? wuenaaakkkkk....dan beneran mirip sama yang aku makan waktu kecil dulu. Beneran ngeju dan tapenya berasa juga. Teksturnya halus dan ringan, gak ngebosenin. Lembuuuutttt.... One thing learned, pake tape yang betul-betul matang, yang udah lembut dan raginya terasa. Jadinya seperti yang aku bikin ini, rasa tapenya medok bikin sensasi unik saat berpadu sama kejuu...  Bagi yang belum punya resep bolu tape andalan, silahkan dicoba ya... me likey!




CUPCAKE TAPAI KEJU
by Albertin Hoesni

Bahan :
200 gr tapai singkong, buang seratnya, haluskan.
3 sdm susu kental manis
6 kuning telur
4 putih telur
150 gr gula pasir
1 sdt cake emulisifier/TBM (kemarin aku pake SP)
150  gr tepung terigu
150 gr mentega, cairkan
100 gr keju cheddar parut

Caranya :
1. Kocok tapai dengan susu kental manis hingga halus (aku tekan-tekan aja pake garpu)

2. Kocok telur, gula dan TBM hingga mengembang selama 5 menit.

3. Masukkan mentega cair, aduk rata. Masukkan sebagian keju parut, aduk rata (kemarin lupa masukin keju keadonan..hihihi).

4. Tuang adonan kedalam cetakan muffin yang telah dialasi kertas kue hingga 3/4 penuh, taburi keju diatasnya lalu panggang hingga matang selama 20 menit.

5. Angkat dan hidangkan dengan hiasan sesuai selera.

Selamat mencoba!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers